Sulawesi utara

Tugas keperiwisataan 
Sulawesi utara 
 


NAMA : RESTI RUSDINIAWATI 
KELAS : X UPW 2 





1. Sejarah  

Sulawesi Utara (disingkat Sulut) adalah salah satu provinsi yang   terletak di ujung utara pulau pulau sulawesi utara  ibu kota terletak di kota manado. Sulawesi Utara atau Sulut berbatasan dengan Laut Maluku dan Samudera Pasifik di sebelah timur, Laut Maluku dan Teluk Tomini di sebelah selatan, Laut Sulawesi dan provinsi gorontalo  sebelah barat, dan provinsi davao del sur (filipina) di  sebelah utara di batasi oleh laut sulawesi dan laut manandao, sebelah timur di batasi laut pasifik dan laut maluku , sebelah selatan di batasi oleh laut maluku dan teluk tomini, sedang sebelah barat berbatasan dengan propinsi sulawesi tengah sulawesi utara mempunyai latar belakang sejarah yang cukup panjang sebelum daerah yang berada di paling ujung utara nusantara ini menjadi daerah propinsi. Dalam sejarahbpemerintahan daerah sulawesi utara, seperti halnya daerah lainnya di indonesia , mengalami beberapa kali perubahan administrasi pemerintahn, seiring dengan dinamika penyelenggaraan pemerintahan bangsa pada pemulaan kemerdekaan republik indonesia, daerah ini berstatus keresidenan yang merupakan bagian dari propinsi sulawesi. Propinsi sulawesi ketika itu beribukota di makassar dengan gubernur yaitu DR.G.S.S.J.RATULANGI.
kemudian sejalan dengan pemekaran administrasi pemerintahan daerah -daerah di indonesia, maka pada tahun 1960 propinsi sulawesi di bagi menjadi dua propinsi administratif yaitu propinsi sulawesi selatan - tenggara dan propinsi sulawesi utara-tengah melalui peraturan presiden nomor 5 tahun 1960 .dalam perkembangan suatu momentum penting yang terpatri dengan tinta emas dalam lembar sejarah daerah ini yaitu dikeluarkannya undang -undang nomor 13 tahun 1964 tanggal 23 september 1964 yang menetapkan status daerah otonom tingkat I .

Kota manado terletak di ujung jazirah utara palau sulawesi, pada posisi geografis 124°BT dan 1°30-1°40 Lu. Iklim di kota ini adalah iklim tropis dengan suhu rata -rata 24°-27° c , curah hujan rata -rata 3.187 dengan iklim terkering di sekitar bulan agustus dan terbatas pada bulan januari .luas wilayah daratan 15.726 hektar. Manado juga merupakan kota pantai yang memiliki garis pantai sepanjang 18,7 kilometer .kota ini jga di kelilingi oleh perbukitan dan barisan pegunungan .wilayah daratannya didominasi oleh kawasan berbukit dengan sebagian dataran rendah di daerah pantai.wilayah perairan kota manado meliputi pulau bunaken,pulau siladen memiliki topografi yang bergelombang dengan puncak setinggi 200 meter .sedangkan pulau manado tua pulau gunung dengan ketinggian krng lebih 750 meter .


 
- WARUGA 
Semboyan: "Si Tou Timou Tumou Tou"
(bahasa minasa : "Manusia hidup untuk menghidupi/mendidik/menjadi berkat orang lain")


SUKU BANGSA 

Mayoritas penduduk Sulawesi Utara adalah suku minahasa , suku  Bolaang Mongondow, Suku Sangihe, sukuTalaud, Suku Siau namun demikian, etnisitas di Sulawesi Utara lebih heterogen. Suku Minahasa dan Bolaang Mongondow menyebar hampir di seluruh wilayah Sulawesi Utara daratan


Benda Purbakala temuan Arkeology Masa PrasejarahTemuan benda purbakala di Sulawesi Utara di antaranya gua-gua purba di Talaud, Minahasa, Bolaang Mongondow. Kubur batu warugo   yang bertebaran di Minahasa. Pada saat terjadi pengesekan (zaman glacial) di muka bumi pada masa Plestosin, pernah terjadi migrasi fauna dari daratan Asia ke Selatan melalui Filipina dan Sulawesi Utara. Oleh sebab itu di Filipina dan di Sulawesi Utara terdapat peninggalan fosil-fosil binatang purba seperti gajah purba (stegodon) dan fosil hewan lainnya. Desa pintareng, tabukan selatan di pulau sangihe,telah ditemukan adanya fosil-fosil gading dan geraham gajah purba 

                                                                            
Sejarah peradaban manusia di daerah ini cukup panjang dan menarik. 
Selain daratan yang sebagian besar merupakan dataran tinggi, Sulawesi Utara juga terdiri dari pulau-pulau yang jumlahnya cukup banyak, lebih dari 150 pulau,Daerah ini mempunyai karakter alam yang khas yaitu dataran tinggi lebih luas dari dataran rendahnya, memiliki banyak gunung berapi dan sebagian besar masih aktif termasuk gunung api bawah laut, memiliki banyak gugusan karang yang membentuk pulau-pulau, selain itu kerak bumi daerah ini berdekatan bahkan sebagian berada tepat di daerah terjadinya proses subduksi (perbenturan) lempeng-lempeng (plates) tektonik antara lempeng Pasifik-Filipina-Australia dengan lempeng Sangihe dan Halmahera. Bahkan terletak dekat dengan pertemuan lempeng-lempeng dunia seperti lempeng Pasifik, Eurasia dan Australia. 

tanda-tanda kehidupan manusia di Sulawesi Utara sudah berlangsung sejak 30.000 tahun yang lalu seperti yang ditemukan buktinya di gua Liang Sarru di Pulau Salibabu. Bukti yang lain menunjukkan adanya kehidupan sekitar 6.000 tahun lalu di Situs Bukit Kerang Passo di Kecamatan Kakas dan 4.000 tahun yang lalu sampai awal Masehi di gua Liang Tuo Mane’e di Arangkaa di Pulau Karakelang. Kemudian muncul kebudayaan megalitik berupa kubur batu ‘waruga’, menhir ‘watutumotowa’, lumpang batu dan lain-lain sejak 2.400 tahun yang lalu sampai abad 20 Masehi di Bumi Minahasa. 



Masa Di Temukannya Tulisan




Daerah Sulawesi Utara masuk dalam sejarah catatan sejak tahun 1365 demikian menurut tulisan David DS Lumoindong, di dapat dari penemuan berita mengenai Talaud dan Minahasa. Tetapi kalau dilihat sejak adanya tulisan maka bukti penulisan di WATU PINA WETENGAN  yang di perkirakan tahun 670 Masehi menurut Riedel.



                         

Kolonialisme

Bangsa portugis adalah bangsa barat yang pertama kali datang di Sulawesi Utara, kapal Portugis berlabuh di pulau Manado dimasa kerajaan manado  tahun 1521.

Benda Temuan Arkeology Masa Sejarah.
Di antaranya Benteng-benteng Portugis di seperti di Amurang, Kema, Batu Waruga di Sawangan, Tomohon, Tondano, Tompaso kemudian tugu-tugu batu di semua desa disebut Batu Tumotowa


Kemerdekaan

Setelah kemerdekaan Indonesia, Indonesia terbagi menjadi 8 Provinsi, dan Sulawesi termasuk salah satu provinsi tersebut. Gubernur pertama Sulawesi adalah Dr. Sam ratulangi yang juga dikenal sebagai pahlawan nasional. 

Demografi


Jumlah penduduk provinsi sulawesi utara   pada tahun 2010 sebanyak kurang lebih 2.270.596 jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk 1,28 persen/tahun. Hampir 45% penduduk tinggal di perkotaan, dan sisanya sebesar 55% tinggal di pedesaan. Angka partisipasi sekolah untuk tingkat sekolah dasar lumayan tinggi sebesar 96,10% sehingga penduduk yg tidak menikmati bangku sekolah dasar hanya kurang dari 5%
                                                    * Letak geografis 



Geografi

letak geografis Sulawesi Utara terletak pada 0.30-4.30° Lintang Utara (Lu) dan 121-127° Bujur Timur (BT)

Topografi
Sulawesi Utara terdapat 41 buah gunung dengan ketinggian berkisar antara 1.112 - 1.995 dpl.  Kondisi geologi sebagian besar adalah wilayah vulkanik muda.

Relief

Secara fisiografis, wilayah Provinsi Sulawesi Utara dapat dikelompokkan dalam dua zona: zona selatan dan zona utara

Hidrografi

Dua sungai terpenting di Sulawesi Utara adalah sungai tondano,sungaj polgar dan  sungai roniyapo ,sungai tondano memiiki hulu di danau tondano  di daerah  dan mengalir melalui tengah Kota minahasa Manado. 

Luas Wilayah

Luas wilayah Provinsi Sulawesi Utara adalah 15.069 km² dengan persentase 0,72% terhadap luas Indonesia yang terdiri dari 11 (sebelas) Kabupaten dan 4 (empat) Kota. 
Iklim daerah Sulawesi Utara termasuk tropis yang dipengaruhi oleh angin muson. Pada bulan-bulan November sampai dengan April bertiup angin barat yang membawa hujan di pantai utara, sedangkan dalam Bulan Mei sampai Oktober terjadi perubahan angin selatan yang kering.
Curah hujan tidak merata dengan angka tahunan berkisar antara 2.000-3.000 mm, dan jumlah hari hujan antara 90-139 hari. Daerah yang paling banyak menerima curah hujan adalah daerah Minahasa.
                                                                     * perekonomian  
SUMBER DAYA ALAM 
GAS ALAM , EMAS ,HUTAN, KAYU,KOPI, IKAN , REMPAH -REMPAH, KELAPA, CENGKEH, DURIAN.
 INDUSTRI 
Sulawesi Utara memiliki sejumlah industri besar di antaranya 
PT BIMOLI : pabrik minyak kelapa di bitung 
KILA GAS ALAM : di tomohon 
PERTAMBANGAN 
Emas di Tatelu Minahasa Utara, Tompaso Baru Minahasa Selatan dan Belang Minahasa Tenggara; Lapango Mas di Sangihe.

                                                                    * pemerintahan


  1. Pemerintah Kota Tomohon
  2. Pemerintah kota manado
  3. Pemerintah kota bitung
  4. Pemerintah kota mobagu 

 Kabupaten

  1. Pemerintah Kab. Bolaang Mongondow
  2. Pemerintah Kab. Bolaang Mongondow Timur
  3. Pemerintah Kab. Bolaang Mongondow Utara
Dewan perwakilan : DPRD Sulawesi Utara beranggotakan 45 orang yang dipilih melalui pemerintahan   setiap lima tahun sekali

Pahlawan Nasional 

Bangsa sulawesi utara  merupakan bangsa yang gigih dalam mempertahankan kemerdekaannya.

SENI DAN BUDAYA


Sulawesi Utara merupakan kawasan yang sangat kaya dengan seni budaya Indonesia lainnya. 
SENJATA TRADISIONAL

  Sabel adalah  senjata tradisionalsuku minahasa , bentuknya menyerupai huruf Daun Kelapa. Sabel termasuk dalam kategori padang.

RUMAH TRADISIONAL 


Rumah tradisonal suku Sulawesi Utara dinamakan  wale.

MAKANAN KHAS 
Sulawesi Utara mempunyai aneka jenis makanan yang khas. Antara lain tinutuan . atau Midal (bubur Manado), Nasi JaaPangi yang lezat, Gulai Ikan Fufu dan Dodol serta Dodol Salak yang langka.


                                                             2. POTENSI   WISATA 
WISATA ALAM 

                                                      
Danau Linow

Tiket Masuk: Retribusi resmi Rp5.000. Masuk ke cafe Rp25.000 dan bisa ditukar dengan makanan/minuman.Lokasi: Lahendong, Kecamatan Tomohon Selatan, Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Koordinat di sini .
Jam Operasional: 08.00 – 17.00

DAYA TARIK : sangat luar biasa, beberapa keunikan dari danau yang terletak di Minahasa ini.
POTENSI : selaij kekayaan alam, manajemen juga memanfaatkan potensiblokal seperti tenaga (naker) maupun hasil kerajinan berupa souvenir.
General manager Danau Linow Resort Dave Shenandoa mengungkapkan, saat ini Danau Linow Resort yang bernaung di bawH PT Karyadeka Alam Asri tampil dengan berbagai fasiltas mumpuni setelah mengalami banyak pengembangan.

WISATA BUDAYA  



Jam operasional:
Senin – Kamis: 08.30 – 16.00 WITA
Jum’at : 07.30 – 11.00 WITA
Sabtu: 09.00 – 14.00 WITA

 alamat : Jl. W.R. Supratman No.72, Lawangirung, Kec. Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara 95123
Museum Negeri Sulawesi Utara adalah yang terletak di sulawesi utara tepatnya di kota manado. museum ini menyimpan berbagai warisan budaya leluhur dan budaya kearifan lokal leluhur dari pra sejarah hingga zaman modern hingga saat ini.
Daya.

Wisata buatan   


Taman Nasional Bunaken adalah taman laut yang terletak di Sulawesi Utara, Indonesia. Taman ini terletak di Segitiga Terumbu Karang, menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang dan juga berbagai spesies ikan, moluska, reptil dan mamalia laut. 


Pintu masuk: Bunaken, nain, montehage, siladen.
Berada di provinsi: sulawesi utara 
Kegiatan: selam, wisata bahari 
Ekosistem:terumbu karang ,hutan bangkau  , zona litoral,padang lamun.
POTENSI:Potensi biologi daratan di pulau-pulau TN. Bunaken kaya dengan jenis-jenis flora palma, sagu, woka, silar dan kelapa.
DAYA TARIK : 
Terumbu karang di alam bawah laut bunaken merupakan hal utama dari daya tarik bunake .terumbu karang ini jadi area hidup bagi 2.000 type ikan & bermacam macan biota laut. Spesies ikan yg umum dijumpai ialah wrase, dansel,trigger,sweetlip,unicorn.karakter unik taman laut bunake yaitu kedalam lautnya yg mencapai kedalaman 1000m .

                              3 .                           Something to do ?
Sesuatu yang dapat di lakukan bila anda berkunjung ke sulawesi utara yaitu berwisata karna banyak sekali destinasi wisata yang menarik dan ada juga wisata budaya seperti musieum negri sulawesi utara 
                                            Something to see ? 
Sesuatu yang dpat di lihat bila anda berkunjung sejenak yaitu menikmati pemandangan pesona pantai gunung dan danau yang ada di sulawesi utara dan melihat pesona wisata yang begitu menyejukkan Mata.
                                          Something to buy? 
Oleh oleh khas sulawesi seperti panada, haluan kenari , pala manis dan lain ².

HALUA KENARI 


 PALA MANIS 


PANADA 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENJAGA SEMANGAT IBADAH PASCA RAMADHAN